Wednesday, March 18, 2015

4 Tipe Dan Karakteristik Pengunjung Toko Online Yang Perlu Anda Ketahui


Dalam bisnis yang sangat dinamis ini, kita perlu belajar apapun untuk menjadikan bisnis kita senantiasa sukses. Salah satu ilmu yang harus kita pelajari dalam bisnis ialah ilmu psikologi. Untuk apa belajar ilmu psikologi? Tentu saja ilmu ini akan berguna dalam mengenali manusia yang akan berhubungan dengan kita dalam bisnis seperti klien, pegawai dan juga mitra kerja kita. Salah satu dari mereka yang krusial untuk kita kenali adalah calon pembeli, klien atau pelanggan. Saking penting dan krusialnya orang ini muncul pepatah yang mengatakan bahwa Pembeli adalah Raja.

Apalagi dalam bisnis online dimana kita dan calon pembeli atau pelanggan kita hanya bisa berkomunikasi jarak jauh tanpa tatap muka. Maka kemungkinan hal-hal yang tidak kita inginkan seperti tidak jadi membeli atau tidak lagi berlangganan adalah hal yang lebih besar terjadi daripada bisnis offline. Calon pembeli yang juga manusia ini pasti memiliki karakter atau sifat yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Untuk itulah Anda perlu mempelajari tipe-tipe karakteristik mereka agar mereka jadi membeli produk kita dan berlangganan pada kita. Berikut ini adalah 4 tipe karakteristik pengunjung yang biasanya muncul dalam bisnis online :

Tipe Seeker

Tipe pertama dari pengunjung toko online Anda adalah tipe seeker yaitu orang-orang yang memang sedang membutuhkan produk untuk mereka beli. Maka dari itu mereka akan melakukan pencarian pada mesin pencari untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga yang cocok dan sesuai dengan mereka. Seringkali tipe seeker ini fokus pada harga yang paling murah dari produk yang ia bandingkan.

Untuk kasus yang satu ini Anda harus bisa menjadikan toko online dan produk Anda sebagai pilihan mereka. Caranya adalah Anda harus bisa menempatkan toko online Anda pada daftar awal atau halaman pertama mesin pencari dengan teknik SEO atau teknik yang lainnya. Kedua, Anda harus mencari titik lemah dari pesaing Anda agar Anda bisa meyakinkan tipe seeker ini berbelanja di toko online Anda. Jangan lupa juga harga yang Anda patok haruslah tidak boleh terlampau tinggi dari harga pasaran, ini akan membuat tipe seeker akan beralih ke toko online yang lain.

Tipe Window Shoper

Tipe window shoper adalah tipe pengunjung yang tidak terlalu serius dalam berbelanja online. Mereka ini belum terlalu butuh pada suatu produk yang membuat mereka harus dan wajib membeli. Boleh dikatakan mereka ini adalah orang-orang yang iseng dan sering menghabiskan waktu di dunia maya. Untuk orang-orang seperti ini Anda tak boleh lepas tangan.

Anda harus juga memperhatikan mereka dengan cara menginfokan detail fungsi dan manfaat produk Anda dengan jelas dan menarik. Jika perlu tambahkan beberapa konten atau artikel yang menggambarkan betapa pentingnya produk Anda untuk mereka. Siapa tahu dari awal mereka tidak ada keinginan membeli pada akhirnya kemudian memutuskan membeli setelah melihat info yang menarik dari produk Anda.

Tipe Discount Lover

Tipe berikutnya adalah tipe discount lover yaitu orang-orag yang datang mengunjungi beberapa toko online untuk berburu harga promo atau diskon. Sebagai pebisnis toko online, Anda juga harus mampu merangkul tipe discount lover ini. Caranya jelas karena mereka adalah pemburu harga diskon maka Anda harus mau memberikan harga diskon atau promo bagi beberapa produk Anda.

Namun satu hal yang perlu Anda waspadai saat memberikan diskon adalah jangan sampai Anda menipu calon pembeli Anda dengan harga yang sebenarnya bukan harga diskon. Karena jika calon pembeli Anda sudah kecewa maka ini bahaya, selain mereka tidak akan membeli dari Anda, ada juga kemungkinan mereka akan memberikan info negatif tentang toko online Anda pada shopper lainnya.

Tipe Research

Tipe terakhir adalah tipe research yaitu orang-orang yang berkunjung ke toko online tanpa ada niatan untuk membeli. Mereka ini berkunjung ke toko online hanya untuk melakukan riset atau penelitian untuk kemudian direview dan dianalisis. Maka untuk tipe orang yang seperti ini Anda harus mampu menyajikan tampilan toko online dengan produk-produk yang menarik.

Tujuannya agar mereka bisa mereferensikan toko online Anda untuk direview dengan baik oleh mereka. Meski tak membeli, setidaknya toko online Anda akan direferensikan atau direkomendasikan oleh mereka dengan toko online yang baik. Dan jika ini terjadi ini tentu kondisi ini adalah sebuah keuntungan yang bagus untuk keberlangsungan bisnis online Anda.

Baca juga:



Artikel Terkait

4 Tipe Dan Karakteristik Pengunjung Toko Online Yang Perlu Anda Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email