Tuesday, September 16, 2014

Cara Ping Agar Blog Cepat Terindeks Google



Banyak blogger yang bertanya-tanya, sebenarnya apa itu PING? Arti ping sebenarnya adalah bersiul jika diartikan secara harafiah, tapi dalam hal ini Ping yang kita maksud bukan bersiul. Ping adalah tindakan yang dilakukan untuk memberitahukan atau memanggil robot search engine agar segera menjelajahi blog kita. Tujuannya adalah agar blog kita cepat terindeks di mesin pencari.

Sebenarnya tanpa kita melakukan ping, robot search engine akan tetap menjelajahi blog kita dan akan mengindeks kontennya. Namun terkadang dibutuhkan waktu yang agak lama, apalagi bila blog kita masih baru.

Nah agar konten blog kita lebih cepat terindeks di mesin pencari Google, langkah yang bisa kita lakukan adalah melakukan ping secara manual. Ada banyak cara dan fasilitas yang bisa kita gunakan untuk melakukan ping ke Google, diantaranya adalah:

  1. Pingomatic.com
  2. Pingler.com
  3. Mypagerank.com
  4. Pingoat.com

Selain layanan di atas, Google juga sudah menyediakan fasilitas khusus untuk membantu blogger untuk melakukan ping ke mesin pencari mereka, yaitu dengan menggunakan bantuan website http://blogsearch.google.co.id/ping. Cara penggunaan sangat mudah:

  1. Masukkan url blog kamu ke dalam kolom yang disediakan
  2. Klik tombol submit blog
  3. Selesai

Selanjutnya kamu tinggal menunggu robot Google untuk merayapi blog kamu hingga nanti akan terindeks di Google. Bila kamu pengguna blogger dan ingin konten blog kamu langsung terindeks di Google, ada cara yang lebih efektif, yaitu dengan submit url ke Google Webmaster tools.

Sebaiknya kamu jangan terlalu sering menggunakan fasilitas ping ini, karena bisa dianggap melakukan spam. Lakukan sewajarnya saja.

Artikel Terkait

Cara Ping Agar Blog Cepat Terindeks Google
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email