Tuesday, June 13, 2017

7 Fitur Ideal yang Wajib Ada Pada Sebuah Toko Online


Alasan mengapa orang sering berbelanja pada toko online tertentu adalah karena harga murah, produk lengkap dan juga memiliki layanan tambahan lain. Dengan harga dan kelengkapan produk memang Anda bisa menjadi toko online yang berjaya, namun setidaknya ada beberapa hal lain yang bisa mempengaruhi orang belanja di toko online tertentu.

Salah satunya adalah kenyamanan antarmuka dan ketersediaan berbagai fitur pada halaman toko online tersebut. Penting untuk diperhatikan agar para pengunjung bisa merasakan kemudahan dalam mengakses produk-produk Anda, maupun memanfaatkan fitur yang tersedia. Kelengkapan fitur, antarmuka yang ramah dan kemudahan untuk menavigasi halaman menjadikan sebuah toko online tersebut terlihat professional.

Lalu yang jadi pertanyaan, apa saja fitur-fitur ideal yang wajib ada pada sebuah toko online? Berikut ulasan selengkapnya dibawah ini:

1. Kolom Searching

Mulai dari atas, pastikan Anda memiliki kolom pencarian untuk memudahkan para pengunjung mencari produk sesuai kata kunci yang dimiliki. Jika Anda berkunjung pada toko online terkenal dan besar, fitur tersebut lazim ditemui. Biasanya ditempatkan pada bagian pojok kanan atas.

Apa jadinya jika produk Anda terlalu banyak yang di input, namun tidak memiliki fitur kolom searching. Apakah Anda harus menyuruh calon konsumen untuk mencarinya satu per satu sampai ketemu? Jadi kolom searching adalah wajib adanya pada sebuah toko online.

2. Kategori selengkapnya

Untuk Anda yang memiliki toko online dengan produk banyak atau satu jenis produk namun dengan berbagai macam jenisnya, tentu harus menempatkan pada kategori yang sesuai. Salah satu kekurangan toko online yang sering dilakukan adalah dengan hanya menempatkan produk pada kategori utama saja. Sebagai contoh ketika toko online menjual produk ponsel, mereka hanya memiliki fitur kategori nama brand saja seperti Samsung, Apple, Evercoss, Advan dan sebagainya.

Padahal Anda bisa juga sekaligus memasukan produk dalam kategori tambahan lain, mulai dari kategori kisaran harga, kategori ukuran fisik ponsel, ukuran kamera, maupun kapasitas memori. Semakin lengkap kategori, semakin memudahkan produk yang dicari oleh calon konsumen. Pada akhirnya Anda harus benar-benar bekerja sama dengan developer web yang professional.

3. Katalog memudahkan mencari barang


Tidak hanya katalog pada kertas, katalog via online juga menjadi fitur wajib pada sebuah toko online. Karena melalui katalog lah pengunjung bisa melihat bagian display  produk yang Anda jual. Orang-orang bisa melihat daftar lengkap beserta gambarnya maupun dengan spesfikasi utama.

4. Shopping cart juga penting

Jika Anda masuk ke Mall dan berbelanja banyak barang, tentu Anda lebih memilih menggunakan troli yang digunakan sebagai tempat membawa barang belanja. Nah, dalam dunia E-commerce ternyata penggunaan troli juga bisa digunakan. Troli dalam toko online sering disebut dengan istilah Shopping cart, memiliki icon keranjang belanja maya (virtual) dimana fitur tersebut memperkenankan calon pembeli untuk memilih beberapa item produk pada halaman lalu memasukkannya kedalam keranjang virtual tersebut.

Bukan hanya sekedar untuk tempat menaruh barang saja, fitur semacam ini juga dapat membuat pembeli untuk memeriksa barang kembali barangnya pada keranjang, bahkan akan muncul sebuah daftar lengkap beserta jumlah harga total.

5. Layanan pelanggan lengkap

Layanan pelanggan tidak boleh ketinggalan, dan ini bukan hal yang sepele. Salah satu contoh layanan pelanggan yang cukup penting adalah pusat bantuan, kebijakan produk, cara pembelian, cara pembayaran, cara pengembalian, dan lain sebagainya. Pusat bantuan biasanya hanya berisi tentang informasi order, cara berbelanja, pembayaran sampai penerimaan barang.

Jangan dikira semua orang yang berbelanja di toko online Anda adalah orang yang terbiasa jual beli di dunia E-commerce. Ada kalanya Anda akan bertemu dengan calon konsumen yang benar-benar gaptek.

6. Status order

Anda bertanggung jawab penuh ketika konsumen sudah membayar namun barang belum diterima. Akhirnya toko online yang bonafit menempatkan fitur status order untuk pengecekan order barang. Apakah sudah berada di destinasi kota yang dituju atau masih dalam proses. Dengan fitur status order pihak pembeli bisa memantau terus barang yang dalam proses pengiriman. Layanan ini membuat konsumen tidak perlu cemas dan khawatir.

7. About Me

Meski mungkin jarang yang akan masuk ke halaman About Me, setidaknya jika Anda memiliki fitur informasi perusahaan atau toko online membuat E-Commerce Anda terlihat lebih professional.Lebih tepatnya About Me bisa menambah tingkat kepercayaan konsumen kepada toko online Anda. Mereka jadi lebih tahu, domisili toko, siapa pemiliknya dan kontak person.

Artikel Terkait

7 Fitur Ideal yang Wajib Ada Pada Sebuah Toko Online
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email