Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman. Nah kalau kita perhatikan, sekarang ini adalah jamannya dunia digital. Semua hal dibicarakan melalui internet, termasuk dalam pemasaran atau promosi usaha.
Salah satu media online yang sangat sering digunakan oleh para netter adalah media sosial, diantaranya Facebook, Twitter, Google+, YouTube, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan berbagai media sosial yang populer tersebut, maka peluang untuk meningkatkan level bisnis kamu akan semakin besar. Kog bisa begitu? Berikut ini ulasannya:
1. Media Sosial Bisa Membangun Brand
Kekuatan media sosial sudah tidak bisa dianggap sebelah mata. Pengusaha yang tidak memanfaatkan media sosial akan sangat sulit berkembang dan bersaing dengan pengusaha yang memanfaatkan internet untuk pemasaran bisnisnya.
Pengguna media sosial di Indonesia yang mengalami pertumbuhan yang signifikan tentunya memberikan peluang bagi para pengusaha untuk meningkatkan brand bisnis mereka sehingga akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis mereka melalui internet. Semakin banyak yang mengenal bisnis kamu, semakin besar peluang untuk mendapatkan pelanggan atau klien baru.
2. Media Sosial Sebagai Media Iklan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, jumlah pengguna media sosial di Indonesia saat ini sudah sangat banyak, bahkan Indonesia merupakan salah satu negara pengguna media sosial terbesar di dunia. Nah dengan jumlah pengguna media sosial yang besar tentu akan memudahkan kita untuk memperkenalkan bisnis di media sosial dengan memasang iklan.
Salah satu media sosial yang sangat efektif untuk memasang iklan adalah Facebook. Setiap harinya ada puluhan juta pengguna Facebook yang online dan berinteraksi dengan para pengguna Facebook lainnya. Kesempatan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan perhatian para pengguna Facebook. Dengan memasang iklan di Facebook, kita bisa dengan mudah memperkenalkan usaha kita secara nasional dan mendapatkan pelanggan baru dari berbagai tempat.
3. Media Sosial untuk Riset Pasar
Para pengguna media sosial biasanya suka menuangkan ide dan keinginan mereka melalui status di time linenya, lalu berinteraksi dengan pengguna lainnya. Dengan melakukan interaksi di media sosial, kita bisa langsung mendapatkan informasi atau data para pelanggan atau calon pelanggan yang ada di sebuah media sosial.
Setelah mengetahui informasi tersebut, tentu kita bisa meningkatkan layanan atau kualitas produk yang kita pasarkan. Melalui media sosial kita juga bisa melihat dan mempelajari apa saja yang dilakukan oleh komptetitor bisnis, sehingga kita bisa meningkatkan atau memperbaiki kekurangan yang ada dan tetap bisa bertahan dalam persaingan bisnis.
4. Media Sosial untuk Berinteraksi Dengan Pelanggan
Hampir semua pebisnis aktif di media sosial, terutama Facebook. Media sosial selain untuk media promosi juga bisa digunakan sebagai sarana berinteraksi dengan para pelanggan. Kita dapat langsung mengetahui feed back para pelanggan melalui media sosial, sehingga upaya peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas produk bisa diupayakan sesegera mungkin.
Nah setelah melihat beberapa manfaat media sosial dalam dunia bisnis, tentunya kamu akan menggunakannya untuk bisnis yang sedang kamu bangun. Dengan aktif di media sosial, kita juga bisa belajar dalam mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik lagi.
Baca juga:
Manfaat Media Sosial Dalam Dunia Bisnis
4/
5
Oleh
IT Bisnis Papua