Tuesday, January 29, 2019

6 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu

Kemajuan zaman membuat teknologi semakin maju hingga membuat segalanya menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu dampak positif dari kemajuan zaman adalah kemudahan dalam urusan server serta website. Dulu ketika kamu ingin membuat website, maka kamu harus memakai dedicated server yang hanya tersedia di satu tempat saja dan terkadang membuat urusan kecepatan akses menjadi lebih sulit. Tapi dengan adanya cloud hosting, urusan website menjadi lebih cepat.


Secara garis besar, cloud hosting adalah layanan hosting yang terhubung dengan banyak server. Dengan hal itu, pengguna tidak perlu khawatir dengan masalah yang biasa menimpa server seperti ketidakstabilan dan sumber daya yang terbatas. Adanya teknologi cloud membuat kamu memiliki sumber daya yang tidak terbatas karena terhubung dengan banyak server sehingga lebih mudah untuk menambahkan beberapa server baru tanpa menggangu server-server lain yang sedang berjalan.


Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan ketika memakai cloud hosting. Berikut ulasannya.


Akses yang jauh lebih mudah


Ini adalah keunggulan utama dari cloud hosting. Kamu bisa mengakses data atau aplikasi dengan jauh lebih mudah. Ketika sedang butuh unttuk mengakses data saat bekerja, kamu tidak perlu mengakses dengan satu komputer yang sama karena data yang kamu butuhkan bisa dengan mudah diakses di mana saja dan kapan saja. Server yang berada di berbagai tempat membuat hal ini menjadi kenyataan.


Fleksibilitas


Dengan memakai cloud hosting, kamu tidak perlu membuat pengadaan komputer yang khusus dipakai untuk mengakses data. Biasanya ketika kamu memakai komputer khusus, akan memakan banyak waktu dan tenaga. Tapi berkat cloud hosting, kamu cukup melakukan self-provisioning.


Self-provisioning adalah pengguna bisa menyediakan sumber daya sendiri untuk mengatur serta memakai layanan tanpa perlu campur tangan dari orang IT atau orang dari penyedia layanan itu sendiri. Hal ini memang disediakan oleh perusahaan hosting untuk memudahkan pemakaian serta akses data.


Biaya yang lebih murah


Mendengar salah satu keunggulan cloud hosting adalah biaya yang jauh lebih murah, tentunya kamu bisa menggunakan cloud hosting dengan lebih mudah karena tidak akan memakan bujet lebih banyak. Kenapa bisa lebih murah? Biasanya penggunaan server versi lama akan memakan biaya besar di bagian operasional komputer serta kebutuhan yang menyangkut hardware. Tapi dengan cloud hosting, beberapa urusan di atas tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang besar. Selain itu, biaya maintenance juga bisa lebih efisien.


Stabilitas lebih tinggi


Masalah sulitnya mengakses website biasanya didasari oleh tingginya traffic, tapi dengan menggunakan cloud hosting, website kamu tidak akan down walaupun ada lonjakan traffic. Hal ini akan sangat berguna untuk website-website yang dalam beberapa waktu tertentu bisa mendapatkan lonjakan traffic seperti penyedia tiket.


Data bisa diakses kapan saja


Sistem cloud memang dibentuk untuk memastikan ketersediaan data bisa didapatkan secara maksimal selama 24 jam. Dengan desain yang high availability, sistem cloud berada di dalam data center yang terjamin, mulai dari ketersediaan listrik, pendingin ruangan dan beberapa kebutuhan lainnya yang membuat kinerja bisa lebih baik.


Manajemen server yang lebih mudah


Manajemen server tentunya akan lebih mudah dilaksanakan karena semuanya akan bisa dilihat di dalam website secara langsung. Hanya dengan melihat bagian dashboard, kamu bisa mengetahui banyak hal, mulai dari melakukan upgrade, perubahan, status server global, hingga menambah software baru karena sudah disediakan tools di dalamnya.


Baca juga: Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting Tradisional


Itulah beberapa keunggulan ketika kamu menggunakan cloud hosting. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan info lainnya tentang cloud hosting di sini. Semoga bermanfaat!



The post 6 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu appeared first on Blog Dewaweb.

Artikel Terkait

6 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email