Tuesday, January 29, 2019

Manfaat Air Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Tahukah kamu, meskipun bentuk dan ukuran dari buah jeruk nipis terbilang kecil, didalamnya terdapat banyak kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh loh. Diantara kandungan tersebut adalah vitamin A, asam folat, vitamin C, zat besi dan masih banyak lagi yang lainnya.


Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita selalu minum air jeruk nipis, khususnya di waktu pagi hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit. Lalu apa saja manfaat minum air jeruk nipis bagi kesehatan tubuh? Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.


Manfaat Minum Air Jeruk Nipis Pada Pagi Hari


Para pakar kesehatan menganjurkan agar khasiat di dalam buah jeruk nipis ini bisa bekerja secara maksimal, maka Anda bisa mengkonsumsinya pada pagi hari atau malam hari menjelang tidur. Berikut beberapa manfaat air jeruk nipis bagi kesehatan tubuh, diantaranya ialah :



  1. Mengatasi penyakit kanker


Salah satu sumber antioksidan yang sangat tinggi bisa ditemukan pada buah jeruk nipis. Manfaat antioksidan adalah dapat mencegah penyakit kanker. Peran antioksidan dalam jeruk nipis adalah dapat menyeimbangkan kadar asam yang dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini.



  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Jeruk nipis dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan limfosit sehingga sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat. Peran limfosit bagi tubuh adalah untuk memproduksi antibodi yang dapat melawan kerusakan sel tubuh.


Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis secara rutin maka sistem limpa dalam tubuh akan semakin baik. Manfaat air jeruk nipis juga dapat mengganti cairan tubuh yang telah hilang saat kita tidur pada malam hari.



  1. Memaksimalkan kerja otak


Di dalam buah jeruk nipis juga terdapat kandungan potasium dan magnesium yang sangat tinggi. Jika kita rutin mengkonsumsinya maka ini akan membantu kinerja otak menjadi lebih maksimal. Jeruk nipis juga dapat mencegah dehidrasi sehingga kita akan lebih fokus karena telah memiliki energi yang cukup.



  1. Detoksifikasi alami


Dengan mengkonsumsi air jeruk nipis setiap pagi maka sistem diuretik dalam tubuh akan berjalan dengan normal. Semua racun yang terdapat di dalam tubuh akan dibuang melalui enzik detiosifikasi yang terdapat di dalam hati.



  1. Meningkatkan sistem imun


Salah satu manfaat vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk nipis adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga kita akan terhindari dari sakit flu dan batuk. Buah jeruk nipis juga berfungsi sebagai anti inflammatory yang dapat meremajakan sel rusak di dalam tubuh.



  1. Diet alami


Kenapa bisa dijadikan sebagai bahan herbal untuk diet menurunkan berat badan? Alasannya adalah manfaat air jeruk nipis dapat menyehatkan sistem pencernaan dan melancarkan sistem metabolisme tubuh. Semua lemak yang terdapat di dalam tubuh akan dibersihkan sehingga berat badan Anda akan semakin ideal.



  1. Mengatur mood agar tetap stabil


Mood anda sering naik turun? Coba atasi dengan minum air jeruk nipis hangat. Energi di dalam tubuh akan semakin meningkat sebab kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat menghilangkan kelelahan dan mengurangi stres.



  1. Mengatasi sembelit


Sistem pencernaan akan semakin sehat sebab air jeruk nipis dapat membantu organ hati agar lebih aktif pada pagi hari.



  1. Mencerahkan kulit wajah


Air jeruk nipis juga berfungsi sebagai antiseptik alami. Anda bisa memakai masker dari air perasan jeruk nipis pada wajah untuk menghilangkan bekas luka atau bengkak. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengatasi jerawat dan komedo yang membandel sehingga kulit wajah akan semakin bersih dan cerah.



  1. Menyeimbangkan kadar pH


Kandungan alkaline pada jeruk nipis juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar pH. Anda cukup mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dan campurkan dengan segelas air hangat. Bisa dikonsumsi pada pagi hari atau malam hari menjelang tidur.


Jika kita masih pertama mencoba meminumnya memang agak susah sebab rasanya agak kecut. Tapi jika kita sudah terbiasa maka Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan lakukan kebiasaan ini dengan rutin setiap hari.

Artikel Terkait

Manfaat Air Jeruk Nipis Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email