Tuesday, January 29, 2019

Pengertian Domain Itu Apa Sih? Kenali Sebelum Membuat Website!

Pengertian domain bisa dikatakan nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protokol (IP), mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Domain sendiri terbagi atas dua jenis, yakni Top Level Domain dan Second Level Domain. Top Level Domain bisa kamu lihat di akhir nama domain seperti .com, .org, .net, .gov, dan sebagainya. Penggunaan nama domain di internet sendiri diatur oleh sebuah lembaga internasional bernama Internet Corporation Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).


Bagi orang yang sudah lama mendalami ilmu komputer dan jaringan, istilah domain tentu tidak asing lagi. Secara sederhana, domain adalah nama alamat fisik. Misalnya, sistem navigasi memerlukan nama jalan, kode pos, atau penunjuk lainnya. Hal ini juga berlaku dalam website, domain digunakan sebagai pengarah dalam sebuah jaringan komputer agar mudah diakses oleh pengguna.


Fungsi dan jenis domain


Pada penjelasan sebelumnya dijelaskan bila pengertian domain bisa dianalogikan sebagai nama jalan, kode pos atau penunjuk lainnya. Domain juga berfungsi sebagai identitas dari sebuah organisasi, kegiatan, maupun individu hingga instansi dalam pemerintahan.  Contohnya saja Dewaweb.com sebagai penyedia layanan hosting internet berbasis cloud. Dengan menggunakan nama tersebut, Dewaweb mencitrakan diri sebagai salah satu layanan penyedia hosting terbaik di Indonesia. Nama ini mudah diingat orang, sehingga juga mudah dalam melakukan pencarian di mesin pencari.


Sementara, untuk jenis domain sendiri terbagi dalam tiga jenis berikut ini:



  1. Domain .com, adalah domain yang masuk dalam kategori top level. Istilah .com sendiri merujuk dari kata commercial sebagai organisasi komersial. Namun, seiring berjalannya waktu kemudian domain ini juga ditujukan untuk berbagai tujuan lainnya. Domain jenis ini sering kita lihat di internet.

  2. Domain berikutnya adalah .net yang sebenarnya juga masuk dalam top level. Istilahnya mengacu dari kata network yang pada awalnya untuk organisasi yang menangani teknologi jaringan sebagai penyedia layanan internet dan perusahaan lainnya. Sama halnya seperti domain .com, domain .net juga diigunakan untuk berbagai keperluan seiring berjalannya waktu.

  3. Selanjutnya adalah domain.org yang diambil dari kata organization. Mulanya digunakan untuk organisasi non-profit, kemudian aturan ini tidak lagi digunakan sehingga bisa digunakan untuk keperluan umum. Biasanya banyak digunakan untuk organisasi yang sifatnya opensource untuk keperluan pendidikan dan sebagainya seperti wikipedia.org dan lainnya.


Tips membuat nama domain yang baik


Membuat nama domain haruslah memiliki keunggulan dan kaidah-kaidah tersendiri agar mudah dikenal banyak orang. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat nama domain yang efektif seperti dilansir dari Forbes berikut ini.



  • Buatlah dengan nama pendek, meskipun begitu jangan terlalu pendek. Bila nama terlalu panjang orang akan sulit menghafal. Atau kamu bisa menggunakan nama singkatan apabila perusahaan atau organisasimu terlalu panjang. Contohnya saja untuk World Wildlife Fund, website mereka hanya menggunakan akronimnya saja agar mudah diingat yakni WWF.org.

  • Langkah berikutnya adalah buatlah nama yang SEO friendly dan banyak muncul. Dengan begitu domain Anda akan sering muncul dan mudah dicari oleh masyarakat saat membutuhkannya.

  • Jangan lupa untuk mengecek apakah nama domain tersebut sudah digunakan dan memiliki hak paten. Hal ini dikarenakan bila kamu menggunakan nama yang sudah dipakai dan itu sudah memiliki hak paten, bukan tidak mungkin kamu akan dituntut oleh pemiliknya di kemudian hari.


Baca juga: Tips memilih nama domain yang tepat


Bagaimana, sudah mengerti sekarang mengenai pengertian domain untuk website? Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan kamu terutama dalam bidang teknologi internet.



The post Pengertian Domain Itu Apa Sih? Kenali Sebelum Membuat Website! appeared first on Blog Dewaweb.

Artikel Terkait

Pengertian Domain Itu Apa Sih? Kenali Sebelum Membuat Website!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email