Tuesday, January 29, 2019

Hindari 4 Kesalahan Saat Membuat Website

Memperhatikan cara membuat website yang benar dapat menghindarkanmu dari berbagai kesalahan pembuatan website yang bisa membuat pemanfaatannya menjadi kurang maksimal. Sebagai media yang digunakan untuk menampilkan informasi, pembuatan website harus dilakukan dengan hati-hati. Terlebih website berguna mengkonversi pengunjung baru menjadi pelanggan. Yuk, ketahui dan hindari 4 kesalahan saat membuat website berikut ini!


Memfokuskan tampilan website hanya pada satu perangkat


Kesalahan utama dan paling umum dalam cara membuat website yang perlu kamu hindari adalah memfokuskan tampilan website pada satu perangkat saja. Semua orang menginginkan akses terhadap website yang mudah dan menyenangkan. Tentu saja, tidak akan menyenangkan bila tampilan website di smartphone tidak sebagus tampilan website di komputer.


Jadi, membuat website yang “mobile friendly” sudah menjadi bagian dari keharusan yang dipenuhi. Untuk menghindari kesalahan ini, penting bagimu untuk membuat website responsive yang dapat diakses dan dilihat dengan nyaman dalam berbagai perangkat, mulai dari laptop, tablet, hingga smartphone.


Membuat navigasi website yang tidak user-friendly


Membuat website yang berkualitas penting bila kamu ingin mendapatkan manfaat maksimal dari pembuatannya. Salah satu faktor penentu kualitas website adalah kemudahan navigasinya. Navigasi yang terdiri dari serangkaian menu serta label yang tertera pada halaman website harus dibuat secara terstruktur. Dengan begitu, kamu dapat membantu pengunjung untuk mengakses informasi yang dibutuhkan lebih mudah dan cepat. Sebaiknya, buatlah menu navigasi yang sederhana.


Pentingnya membuat navigasi terlihat dari pengaruhnya terhadap traffic, konversi, hingga peringkat di mesin pencarian. Namun, seringkali aksesibilitas navigasi dipertaruhkan demi website berpenampilan berbeda. Utamanya, hindarilah terlalu banyak menaruh item di menu navigasi karena dapat membuat fokus pengunjung terpecah dan melewatkan informasi penting, serta tidak mengganti warna tautan yang telah dikunjungi, dan membuat menu navigasi yang sulit ditemukan.


Belum menentukan halaman yang penting dalam website


Kesalahan dalam pembuatan website yang tidak kalah umum adalah tidak menghabiskan cukup waktu untuk menentukan halaman apa saja yang penting dalam website yang dibuat. Tidak semua halaman dalam website-mu memiliki tingkat kepentingan yang sama. Mengingat pengunjung tentu saja memiliki waktu terbatas dalam mencari informasi di website, kamu perlu untuk sesegera mungkin mendapatkan perhatian pengunjung untuk melakukan konversi.


Gunakanlah aturan 80/20 dalam hal ini. Aturan 80/20 berarti 80 persen traffic dalam website-mu akan didorong oleh 20 persen informasi yang kamu sediakan dalam website. Pada dasarnya, kamu perlu menentukan ke mana 80 persen traffic-mu akan pergi dan highlight lah halaman-halaman tersebut. Dengan memberikan pelanggan lebih sedikit pilihan langsung, maka kamu membimbing mereka ke arah yang kamu inginkan.


Tidak fokus terhadap pengguna


Perlu kamu ingat, website dibuat untuk dilihat dan digunakan oleh pengguna. Jadi, kamu harus menghindari pembuatan website yang terlalu fokus terhadap perusahaan. Jangan menampilkan informasi perusahaan yang terlalu banyak di homepage, karena pengguna akan jauh lebih tertarik mendapatkan solusi masalah yang kamu berikan melalui website. Jika jawaban tersebut diberikan, barulah pengguna akan meluangkan waktu untuk mencari informasi perusahaan.


Pencarian informasi bisnis atau perusahaanmu akan dilakukan oleh pengunjung untuk memastikan bahwa informasi solusi yang diberikan dapat dipercaya. Guna meyakinkan pengunjung website terhadap informasi yang diberikan, kamu dapat menyediakan informasi bisnis atau perusahaan pada halaman “about”. Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan testimoni atau bukti-bukti pendukung lain yang dapat menambah kepercayaan pengunjung.


 


Itulah beberapa informasi mengenai kesalahan saat membuat website yang perlu kamu ketahui. Salah satu cara membuat website terbaik memang dengan menghindari berbagai kesalahannya. Semoga bermanfaat!



The post Hindari 4 Kesalahan Saat Membuat Website appeared first on Blog Dewaweb.

Artikel Terkait

Hindari 4 Kesalahan Saat Membuat Website
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email