Tuesday, January 29, 2019

Pengertian Website Lengkap

Website merupakan istilah yang cukup familiar. Kini, banyak orang tertarik membuat website karena berbagai manfaat yang diberikan. Di satu sisi, website menyediakan informasi yang dapat mendorong konversi, di sisi lain website membantu pengunjung memperoleh informasi yang dibutuhkan. Nah, sebelum menggunakan website dan merasakan sendiri segala manfaat yang diberikan, alangkah baiknya jika kamu ketahui dulu pengertian website lengkap. Check it out!


Pengertian website


Situs (site) atau situs web (website) merupakan lokasi pusat dari berbagai halaman web yang semuanya terkait dan dapat diakses dengan mengunjungi home page (halaman beranda) website menggunakan browser. Contohnya, URL (Uniform Resource Locator) alamat website Dewaweb adalah https://www.dewaweb.com. Dari home page website Dewaweb, kamu bisa mendapatkan akses ke halaman web mana pun. Dengan kata lain, website merupakan kumpulan informasi (page) yang tergabung ke dalam suatu domain atau subdomain tertentu dan biasa diakses melalui jalur internet.


Cara membuka website


Cara membuka website sangatlah mudah. Yang kamu butuhkan hanyalah sebuah browser seperti Chrome, Firefox, ataupun Safari. Kamu cukup mengetikkan URL website yang dituju. Setelah website terbuka, kamu akan mendapati home page website tersebut. Di samping itu, website juga bisa diakses dengan mencari kata kunci tertentu di mesin pencarian seperti Google. Contohnya, ketika kamu mengetikkan kata kunci “website” di Google, kamu bisa memilih salah satu website yang tampil di hasil pencarian tersebut.


Jumlah website di Internet


Pada Januari 2018, tergantung pada survei atau perusahaan hosting mana yang dirujuk, ada sekitar 1,3 hingga 1,8 miliar website di Internet. Banyak di antara website ini tidak digunakan atau tidak dikunjungi oleh banyak orang, namun website tersebut masih ada dan masuk ke dalam hitungan.


Jenis website


Sebagai media yang menampilkan informasi, website memiliki banyak jenis. Website yang awalnya menampilkan informasi hanya berupa tulisan, kini hadir dengan berbagai jenis bervariasi. berikut beberapa jenis website yang umum dibuat:




  1. Website pribadi




Kini, terdapat beragam layanan yang bisa kamu gunakan untuk membuat website pribadi. Kamu bisa menggunakan yang gratis hingga layanan berbayar. Bila ingin menggunakan layanan gratis, kamu akan mendapatkan alamat website seperti www.namalayanan.com/usernameanda atau www.namawebsite.blogspot.com.


Penggunaan alamat website seperti itu boleh-boleh saja, namun tidak cukup bila kamu kamu ingin mempunyai konten lengkap karena umumnya penyedia layanan website gratis akan memberikan resource yang terbatas. Jadi, sebaiknya kamu memperitmbangkan untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting. Dengan begitu, kamu dapat membuat website yang lebih professional dengan alamat www.namaanda.com.


Baca juga: Cara Membuat Website Pribadi




  1. Website bisnis dan website perusahaan




Jenis website ini dibuat untuk memberikan informasi akun dan akses ke pelanggan, mitra, klien dan pelanggan potensial.




  1. Website komunitas




Ini adalah adalah situs web atau bagian dari website yang membantu menyatukan pengunjung yang mengunjungi situs menggunakan obrolan, forum atau bentuk lain dari papan buletin.




  1. Website e-commerce




Jenis website ini mengacu pada situs apa pun yang telah dibuat dengan tujuan untuk menjual barang atau layanan online. Amazon adalah contoh sempurna dari website e-commerce.


Baca juga: Online Shop, Marketplace dan E-Commerce: Apa bedanya?


Manfaat website


Website sebagai tempat penyedia informasi yang sering digunakan oleh bisnis dan perusahaan memiliki sejumlah manfaat. Di antaranya:



  1. Mendorong jangkauan promosi bisnis menjadi lebih luas.


Melalui website, produk maupun jasa yang kamu tawarkan memiliki kesempatan untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat pengguna internet.


2. Media tanpa batas


Melalui website, kamu dapat menyediakan informasi kepada para pengunjung dan membantu mereka mendapatkan informasi hingga solusi atas masalah yang mereka hadapi. Website yang menjadi media tanpa batas melakukan promosi produk atau jasamu selama 24 jam. Hal ini berarti, website juga dapat membantumu menghasilkan konversi dengan baik.


3. Wadah komunitas


Selain dimanfaatkan untuk kepentingan usaha, website juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah mendapatkan komunitas yang sesuai dengan minatmu. Melalui website, kamu berkesempatan bergabung ke dalam berbagai komunitas, mulai dari komunitas pecinta alam hingga fotografi.


Itulah informasi pengertian website lengkap yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!



The post Pengertian Website Lengkap appeared first on Blog Dewaweb.

Artikel Terkait

Pengertian Website Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email