Tuesday, January 29, 2019

Peran Web Server terhadap Keberlangsungan Website

Bagi kamu yang ingin membangun website sendiri, ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mendapatkan website sesuai keinginan kamu, seperti desain web hingga web hosting. Selain itu, ada pula yang disebut web server.


Pengertian web server adalah perangkat lunak (software) di dalam server yang berfungsi sebagai medium untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web dalam protokol HTTP atau HTTPS dari sebuah klien, yang biasanya kamu kenal sebagai browser, contohnya seperti Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, atau pun Opera.


Browser ini akan meminta laman web kepada web server, lalu software ini akan merespon hasil permintaan browser dalam bentuk laman-laman web yang pada umumnya berbentuk HTML. Dan laman itulah yang sekarang sedang kamu lihat.


Jika mau dibedah lebih dalam lagi, fungsi utama dari web server adalah mentransfer berkas yang diminta oleh kamu, sang pengguna. Biasanya di dalam satu laman web terdiri dari berbagai macam berkas dengan berbagai bentuk seperti teks, video, gambar, audio, file, dan lainnya. Berkas-berkas itulah yang nanti juga akan dikirimkan sesuai permintaan kamu.


Dalam praktik langsung, saat kamu membuat browser lalu mengetik kata kunci di bagian address bar, contohnya ‘dewaweb’, dan setelah kamu melakukan permintaan (dengan menekan enter) untuk dapat mengakses laman tersebut, di situlah kegunaan dari web server. Web server akan berusaha mencari permintaan kamu sebaik mungkin, kemudian akan dikirimkan kembali ke dalam browser kamu.


Jika permintaan kamu tidak bisa dicari, maka web server akan melakukan pengiriman balik berupa penolakan dengan cara memberikan informasi yang biasa dikenal dengan kode ‘404’, yang artinya kata kunci yang kamu cari tidak bisa ditemukan.


Jadi, ketika kamu ingin membangun website sendiri atau malah sudah mempunyai website sendiri, software ini sangat dibutuhkan karena jika tidak kamu akan kesulitan untuk mengakses website yang kamu miliki.


Ada beberapa web server yang sudah terbukti kualitasnya dan bisa kamu gunakan untuk dipakai dalam website kamu, seperti:


Apache


Di antara produk web server lainnya, Apache adalah web server paling populer dan paling banyak digunakan. Apache memberikan beberapa pendukung untuk kelangsungan website kamu, seperti PHP, SSL, dan juga akses kontrol.  Ada beberapa keunggulan dari Apache. Mulai dari sistem pengaturan yang lebih mudah hingga dalam jumlah pengguna yang sangat besar sehingga akan mudah mencari sesama pemakai Apache secara gratis.


IIS (Internet Information Services)


Internet Information Services (IIS) adalah web server yang dibangun oleh Windows. Ia didukung oleh beberapa komponen seperti protokol DNS, TCIP/IP, dan beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat web. Selain beberapa protokol di atas, ISS juga didukung protokol seperti FTP, HTTP, NNTP, SMTP dan SSL. Dengan banyaknya pengguna Windows, ISS jadi lebih mudah untuk digunakan dan diakses. Kelebihan lainnya adalah ia didukung penuh oleh Windows. Selain itu, ada pula fitur yang bisa mengecek kesalahan, serta penggunaan PHP yang jauh lebih stabil. Sayangnya, kamu harus bayar untuk menggunakan ISS.


Nginx


Nginx (dibaca ‘engine x’) adalah software dengan sistem open source dan pastinya gratis. Dibandingkan dengan Apache yang sama-sama gratis, Nginx lebih mampu menangani web server yang memiliki traffic tinggi. Kelebihan lainnya adalah ringan, banyak fitur dan stabil. serta performa tinggi.


Baca juga: Cara Membuat Website Dengan WordPress


Selain tiga pilihan di atas, masih ada beberapa web server lain yang bisa kamu baca di sini. Tanpa adanya web server, sudah bisa dipastikan website yang kamu miliki tidak akan berjalan dengan lancar.



The post Peran Web Server terhadap Keberlangsungan Website appeared first on Blog Dewaweb.

Artikel Terkait

Peran Web Server terhadap Keberlangsungan Website
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email